Wednesday 21 October 2015

Persiapan Siraman & Pengajian Menjelang Pernikahan

photo by Colin Cowie Weddings
Kalau di persiapan pernikahan saya lumayan banyak ambil bagian, di pengajian dan siraman menjelang pernikahan ini saya sepenuhnya serahin ke mama. Mulai dari milih souvenir buat ibu-ibu pengajian, souvenir buat pinisepuh yang nyiram, warna tenda, menu katering, buku pengajian siraman, dan lainnya.

Saya bantu nyari aja apa yang mama mau dan gak nemu di Bandung.

Nah, apa aja yang harus dipersiapkan buat Siraman dan Pengajian menjelang pernikahan?


1. Souvenir Pengajian  

Mama pengen banget pake tas tenteng anyaman pandan. Nyari di Bandung jatohnya mahal. Beli banyak pun gak dapet diskon. Satunya Rp60 ribu aja masa -___- dikali 100 pcs, mahal amat buat tasnya doang. Belum isinya... Katanya ada yang murah, tapi di Tasik... Jauh *o*

Akhirnya saya coba cari di Mayestik Jakarta. Kartu namanya lupa nyelip di mana. Tapi rata-rata kayaknya sama, kok, bisa ditawar jadi Rp20 ribu per satu tas.

Tas pengajian ini akan dikasih ke ibu-ibu pengajian, temen deket mama dan papa, sama keluarga yang juga ikut pengajian. Isinya ada mukena dan sabun kertas berbentuk bunga.

Agak PR adalah ngangkut tasnya sebanyak 100 biji ke Bandung. Harus dua balikan, bok, mengingat.. mobilnya mini :)) Ini penampakan tasnya.


2. Souvenir Siraman

Ini souvenir khusus buat yang nyiram kita. Mama milih 7 keluarga dan sahabatnya, plus mama papa, berarti 9 yang nyiram. Souvenirnya sayang lupa kefoto, isinya handuk besar, loofah, spons mandi, dan sabun berbentuk bunga.

Tempatnya beli mika bentuk tabung di Cibadak, tinggal dipitain. *sayangnya gak sempet difoto x(


3. Buku Pengajian, Undangan, dan Tanda Terima Kasih


Saya (maksudnya ybs sih) bikinin undangan pengajian dan tanda terima kasihnya aja. Undangannya juga simpel, ybs bikin desainnya ukuran postcard, kita print sendiri di Dipatiukur pake artpaper, diplastikin sesuai ukurannya deh.



Buku pengajiannya juga bunga-bunga biru muda (lihat foto). Kita gak nyetak custom karena menurut mama ibu-ibu pasti rata-rata udah pada punya banyak Majmu (buku kumpulan doa). Jadi, cuma print covernya aja di Tirta Anugrah Bandung.

Biar konsep desainnya masih sejalan sama acara kami, pastel dan bunga-bunga. Lembaran dalemnya difotokopi aja. Lumayan, buat covernya aja cuma abis Rp200 ribu kurang dikit untuk 100 pcs.


4. Pakaian
photo by Beeas, makeup by Ayung Berinda
Pas pengajian, saya pakai baju muslim putih seragam dengan mama dan teteh. Setelah pengajian, harusnya ganti baju kebaya kutubaru warna biru muda, tapi terus males -__-" haha jadi langsung ngaras aja. Pas siraman, di balik baju melati saya pakai jumputan warna biru.
photo by BeeasPhoto, Makeup by Ayung Berinda

5. Prentilan

Siapin parfum untuk nyemprot kaki orangtua kalau kalian pakai Ngaras, siapin juga bath robe alias kimono mandi buat setelah siraman, air dari 7 sumber, dan sinjang plus barang lainnya kalau mama mau lempar sinjang (kayak bouquet throw gitu) di akhir acara. Lucu juga loh liat ibu-ibu heboh rebutan kain sinjang gitu hihi. 

photo by BeeasPhoto
Kalau sinjang untuk didudukin (7 lapis), keranjang buah yang nanti di kelilingin, botol-botol air yang dikasih bunga, dan peralatan lain, biasanya udah disiapin pemandu adat.

6 Katering, Tenda, Bilik Siraman

Sebenernya saya pengen bilik siraman bentuk gebyok putih gitu awalnya. Tapi ternyata itu katanya  biasa dipakai kalau siramannya masih di area dalam rumah alias indoor. Karena bilik akan disimpan di halaman rumah, makanya pakai yang ada atapnya dan bukan satu bidang kayak gebyok gitu, tapi emang bentuknya bilik. Tenda ini dipakai di sisa halaman dan jalan depan, buat nyimpen prasmanan. Sebagian juga pada duduk di halaman, bawah tenda.

Oh ya, secuil foto Siraman Pengajian saya bisa dilihat di sini.

7 comments:

  1. Mba saya mau tanya tas anyamannya yg buat souvenir pengajian dalemnya dilapisin kain lagi gak?
    Saya keliling2 mayestik ko kenanya 30rb an ya apa bulan desember udah naik trus mau beli satu atau seratus harganya sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalemnya udah dikasih kain dari sananya, kainnya bisa diserut di bagian atas jadi ini tasnya bisa tertutup. Hehe. Waktu itu kalau beli banyak bisa diskon, kok... aku lupa nama tokonya, tapi dari eskalator turun itu ke arah kiri. Tepat di sebelah kiri eskalator juga jual dengan harga sama, cuma waktu itu gak ready stock :)

      Delete
  2. Mba aq mau tanya dong ttg buku pengajian di tirta anugrah itu buat covernya aja ya?dalemannya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf banget baru bales aaaa. Dalemnya aku fotokopi aja dari yang udah ada hehehe. Lebih murah :)

      Delete
  3. Hay Mba, bisa share budget cost gak untuk resepsinya? Bisa di email ke diniresdasantika@yahoo.com
    Makasihhh..

    ReplyDelete
  4. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete
  5. Izin ya kak..

    SEPTEMBER SUPER VIBES
    Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
    Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
    Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
    Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan september ini diantaranya:
    * Smart TV 50 inches
    * Siraman / Engagement
    * Frank & Co Jewelry
    * Voucher Informa 10 Juta
    * Honeymoon to Krabi Thailand (3D2N)

    Pilihlah 1 dari ke 5 promo diatas.
    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

    ReplyDelete