Sunday 5 February 2017

#Wishlist 7 Tanaman yang Cocok untuk di Rumah (Indoor & Outdoor)

photo from here

Sama halnya kayak persiapan pernikahan, persiapan punya rumah ini banyak selingannya. Hahaha. Saya pernah bilang, ketika punya suatu rencana, saya ini orangnya kind of obsessed browse this and that, dari yang prentilan sampai yang gede-gedenya.
Oh iya, yang dimaksud selingan adalah… Ketika progress masih dalam tahap nunggu pihak lain atau justru mandek, biasanya saya malah “pelarian” mikirin prentilan. Termasuk dulu bikin blog ini juga,gara-gara butuh pelarian dari persiapan pernikahan lol.
Nah, jadi ceritanya… Si calon rumah (ehem) masih dirapi-rapiin sama developer karena kebetulan ada garansi 3 bulan dari serah terima kunci. Bersih-bersihin area yang perlu dipoles lagi, termasuk ngecat dan benerin plafon. Di sela-sela penantian ini *halah, saya udah mikirin taneman-taneman yang diinginkan buat di rumah.
Sebenernya udah dari lama ngecengin beberapa tanaman yang cocok buat di rumah, tapi karena enggak kebayang naro di mana (di kosan sekarang paling bisanya kan tanaman plastik or sukulen), jadi enggak pernah cari tahu namanya. Baru setelah diiming-imingi sepetak halaman mungil di si calon, langsung cari tahu apa nama tanaman yang saya maksud.
Nah, siapa tahu lagi pada penasaran juga, ini saya tulis 7 tanaman yang cocok buat di rumah, baik untuk tanaman indoor atau outdoor. Tentunya versi saya. 
Tanaman Buat di Rumah 1: Monstera

daun monstera
Tren tanaman di rumah sejak tahun 2016 kayaknya ini, deh. Haha sotoy banget. Di beberapa akun Instagram yang saya kepoin sampe di Pinterest, banyak banget orang yang memilih monstera sebagai pilihan tanaman di dalam rumah.
Tapi iya bentuk daunnya emang gemeees. Hasil browsing-browsing, monstera juga bisa tahan di dalam ruangan dalam seminggu dan bisa survive di tempat panas.
Tanaman Buat di Rumah 2: Sirih Gading

Sirih Gading alias Devil's Ivy (Epipremnum)
Sejak masih di kantor lama, udah pengen motek sirih gading yang banyak di tamannya. Hahaha. Mungkin nanti bakal mampir ke sana buat motek. Iya, katanya sih gampang numbuhinnya. Dipotek dari batangnya terus taro di pot isi air aja bisa idup. Bagus, hidup udah ribet jangan cari tanaman yang ngurusnya ribet.
Tanaman Buat di Rumah 3: Tanaman Menjuntai Lee Kuan Yew alias Curtain Creeper
yang ini foto koleksi pribadi :))


Sejak orangtua beli tanaman ini buat di rumah mereka saya langsung naksiiir dan meneguhkan dalam hati kalau saya punya rumah nanti bakal beli Lee Kuan Yew! Namanya kocak sih hahaha sampe YBS beberapa kali nanya, “Beneran namanya itu?” tapi iya, kadang disebut curtain creeper. Di Indonesia ada istilahnya sendiri, tapi saya enggak suka namanya, nulisnya pun ogah. Yang mau tau silakan googling aja ya.
Tanaman Buat di Rumah 4: Kamboja alias Plumeria Kuning
plumeria, kalau lagi enggak berbunga pun rantingnya dramatis~
Ini sih pasti udah pada tau lah ya, sering ditanam di rumah-rumah. Kalau pohon yang satu ini biar ambience-nya tropis banget aja dan berasa tiap hari di Bali *yea rite* Dan mau yang kuning, biar seger! 
Tanaman Buat di Rumah 5: Pohon Ketapang Kencana 

Enggak dapet foto Pohon Ketapang Kencana hires
Ini juga naksir sedari lama. Kalau liat rumah ada ketapangnya kayaknya kece aja gitu, minimalis, tapi hangat. Bisa buat peneduh juga. Udah kebayang kalau bawahnya dikasih lampu sorot bakal kece deh dramatis-dramatis gitu hahaha.
Oh iya bukan yang ketapang daunnya agak besar, yah. Ini ketapang kecana yang rantingnya melebar terus daunnya kecil-kecil.
Nahhhhh gemesnya, blok sebelah di komplek saya dapet pohon ketapang kencana tapi saya dapet yang beda T_____T masih antara merelakan beli sendiri atau terusin aja pohon yang dikasih, yang kayaknya ketapang doang, tanpa kencana. Tsk. Tapi katanya pohon ketapang (doang) ini lebih banyak manfaatnya, sih… Tapi…
Ini yang Pohon Ketapang, tanpa Kencana.
Tanaman Buat di Rumah 6: Tanaman Rambat Dollar Rambat Besar

Ini juga gemesssss. Dollar rambatnya yang besar ya, bukan yang kecil-kecil Menuhin tembok. Pengennya yang gede dan cuma sekitar 3 biji doing buat aksen <3
Tanaman Buat di Rumah 8: Tall Cacti!


Pas masih ngekos pernah "ternak" kaktus, meski awet 8 bulan aja. Nah pengennya nanti ada kaktus juga, tapi yang gede sekalian. Tapi ya kita liat nanti deh ya, ada area kosong apa enggak lol. Tapi kaktus tinggi kalau dikasi pot yang unik emang kece banget jadinya yaaa. Yaampun gemes. Kalau enggak ada space, yang kecil-kecil aja juga enggak apa-apa :p
---
Tapi kadang, udah browsing ini dan itu, kemudian tertampar realita pas tau harganya. Hahaha. Atau, yang lebih ngenes, pas tau areanya enggak memungkinkan *cry cry cry* Kemauan dan kemampuan enggak terlalu berbanding lurus, memang. Tapi ya, namanya juga wish list :p
Oh iya, buat harga, bisa dicek kisaran kasarnya di situs bibitbunga. Dan PR selanjutnya adalah riset apakah tanaman di atas berpotensi memancing ulet atau enggak. Call me shallow, tapi saya adalah pencinta dedaunan yang  sangat benci hewan melata -_______-



7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran sampe googling mbak, ternyata janda merana hahaha

    ReplyDelete
  3. Monstera dan lee kuan yew favorit banget ya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa! Tapi sirih gading juga sukaa, cepet tumbuh tunasnya dan bandel. Bikin PD ngejadiin bertanam sebagai hobi hahahaha

      Delete
  4. Mbak anel baru inget, di tempat kerja saya banyak banget ketapang kencana, ternyata banyak uletnya. Gede2. Tapi kayanya musiman gitu ulet2nya mbak.

    ReplyDelete
  5. Mbak anel baru inget, di tempat kerja saya banyak banget ketapang kencana, ternyata banyak uletnya. Gede2. Tapi kayanya musiman gitu ulet2nya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG! Baiklah diurungkan saja niatnya kalo gitu hahaha. Thanks infonya!

      Delete