Sunday 16 April 2017

Tentang Pindahan & Barang yang Harus Dimiliki Saat Mengisi Rumah

Photo from HelloStranger

Ps: Tulisan ini diupdate karena ada beberapa yang berubah dan temanya terlalu sama kalau bikin postingan baru~

“Yuk mulai packing, dua minggu lagi kita pindahan!”
*Kemudian memandang berkeliling kamar kosan yang kami tinggali 1,5 tahun ini*
“Packing apa ya kita? Kok semua barang punya kosan. Kita enggak punya apa-apa……”
Jleb sambil ketawa sendiri begitu sadar kalau saya sama YBS belum punya furniture apa-apaan hahahaha. Ranjang dan kasur, side lamp, side desk, kulkas, meja rias, lemari baju, credenza, semua punya kosan. Cuma satu rak buku, rak sepatu, TV, dispenser, dan segala prentilan aja yang beneran punya kami.
“Ya udah, beresin baju-baju sama buku aja dulu,” kata YBS setelah ketawa-ketawa ngenes juga.
GOD SAVE MY WALLET T________T
Jadi, apa aja barang pertama yang harus dimiliki saat mau pindah rumah? Percayalah, kelar ngumpulin DP bukanlah akhir dari segalanya. Masih harus membeli kebutuhan primer buat rumah yang... Ya gitu lah. Seru tapi bikin deg-degan.

Berhubung kami bisa dibilang mulai dari 0, akhirnya enggak terlalu ambisius juga sih buat langsung ngelengkapin semua kebutuhan. 

Jadi atur prioritas dulu, ditempatin dulu, baru kalau berasa ada butuh2 apa yang urgent kita beli satu per satu. Biar enggak boros dan enggak kalap (Intinya sih tunggu alokasi dananya ngumpul juga). Tapi dalam kenyataannya, emang sering gemes sendiri pengen sekalian beli ini itu, meski di jadwal kami udah jelas barang itu baru masuk alokasi bulan depannya.

Beneran, deh. Dari perkiraan bujet yang kami buat, setelah dijalani ternyata kebanyakan yang over budget. Bukan karena BM-BM doang, tapi jujur aja karena kami kurang survei. Kurang gigih lihat ke sana ke mari bandingin harga dan kualitas dan lain-lainnya. Beda banget sama waktu nyiapin nikahan yang kayaknya mayoritas industri wedding Bandung saya sampe hafal hahaha.

Saat ngumpulin informasi buat ngisi rumah, saya dan YBS malah kebanyakan survei di depan handphone doang. Vendor juga nanya by phone atau nunggu sales dateng ke rumah (Biasa kalau komplek masi baru banyak sales gorden sampe kanopi kan yang dateng).

Apalagi namanya ngisi rumah ya vendornya banyak banget kan, mulai dari abang-abang yang keliling, cici-cici Glodok, ruko-ruko komplek, atau toko di mall. Dan jarang banget ada yang review, enggak kayak vendor kawinan. Makanya sejujurnya bisa dibilang persiapan mengisi rumah tahap 1 ini belum maksimal banget. Mungkin karena waktunya pendek atau ya kami terlalu pemalas aja lol.

Dan dari hasil ngisi tahap satu ini, ternyata benar adanya bahwa ngisi rumah itu harus ekstra sabaaaarrr... Jangan kebawa emosi alias gurung-gusuh. Enggak ada lagi anggaran untuk punya-punyaan karena salah perhitungan dikit bisa gigit jari sampe gajian selanjutnya. 
Beberapa kali survei, ada beberapa list harga barang yang mau kami prioritaskan. Ada beberapa yang kami butuh tapi juga enggak sempet survei karena takut menghadapi kenyataan.
Nah, jadi sebenernya ini butuh bantuan juga sih buat referensi. Hahaha. Oh iya, kompor gas dan TV enggak kami masukkin karena udah punya.

Mengisi Rumah Tahap 1
1. Memilih Kasur
Yay akhirnya kegalauan berakhir sudah. Oke karena saya dan YBS kurang suka sama spring bed yang satu paket sama headboard gitu, akhirnya memutuskan pakai floor bed aja dulu. Cukup kasur, ngemper tanpa ranjang. Alasin tiker aja atau karpet. Gimana memilih kasur yang sesuai sama kami?

Sempet survei ke beberapa tempat, sempet mau beli di Informa pas lagi diskon, lihat di toko online juga, tapi akhirnya sreg sama satu toko kasur di ruko Alam Sutera. Diskonnya 60 persen hee hee hee. Pilihan kami jatuh ke Serta ukuran 160 x 200, tipe medium firm yang bahannya spine-support foam, latex, dan udah spring bed pocket. Udah free 2 bantal, 2 guling, dan 1 cover merek Serta juga.

Yang penting diperhatikan saat membeli dan memilih kasur: Intinya jangan ragu nyoba sih. Tiduran aja glosoran di toko. Pakein bantalnya juga. Di kasur yang ini entah kenapa enak banget punggung saya yang udah agak jompo ini. Sampe enggak mau bangun hahaha.

Karena seleranya beda-beda jadi wajib banget dicoba. Kasur itu ada yang firm, super firm, medium, soft, super soft. Gampangnya, yang firm itu keras dan bikin kamu agak membal kalau pertama baringan di atasnya, sementara yang soft enggak karena si kasur bakal "memeluk" tubuh banget alias mblesek. 

Kasur yang soft itu terlihat enak banget emang, tapi kalau kamu punya masalah sering sakit punggung kayak saya, agak enggak disarankan karena kurang bisa menopang. Saya sama YBS memutuskan beli yang medium firm, seri Estate bagian dari Perfect-Spine Collection-nya Serta. Kasurnya tetap nopang tubuh tapi juga empuk dan plumpy.

Kalau bener-bener butuh yang sangat cocok buat tulang punggung bisa pilih yang memory foam juga, dia maksimal banget menopang tekanan tubuh, tapi banyak yang enggak sreg karena saking "memeluk"-nya, kadang jadi berasa agak "anget", enggak sejuk.

Terus apa bedanya kasur spring bed doang sama pocket spring bed? 

Sebisa mungkin sih siapin anggaran beli yang pocket, artinya per-nya udah dibungkus satu per satu, enggak barengan. Ini penting banget sih biar enggak cepet rusak karena masing-masing per ada "iketan" sendiri-sendiri, lebih kuat. Keuntungannya lainnya? Kalau pasangan lasak, kamu enggak akan kena dampaknya karena kasur jadi stabil lol. Intinya dia lebih nyaman, kalau ada yang gerak-gerak kamu gak akan terganggu, terus awet, dan memperbaiki per-nya lebih mudah.

2. Gorden
Ini yang lumayan bikin syok, karena anggaran di bayangan dan kenyataan jauh banget hahahaha. Akibat malas survei, jangan ditiru ya.

Enggak bisa ngasih tips banyak sih karena saking malesnya keliling kami main langsung deal aja sama abang-abang yang suka nawarin keliling komplek. Mungkin karena dia orangnya sabar dan orang Sunda -___- dan enggak punya waktu banyak *halah sosibuk* jadi kita langsung iya-in aja. Apalagi dia palugada, niatnya kami mau pasang teralis dan roll blind dan dia punya, siapa tau kan bisa jadi diskon banyak hehehe.

Buat gorden ini saya milih yang agak blackout jadi bisa kedap cahaya meski persentasenya kedapnya enggak gede-gede banget. Biar enggak terlalu gelap juga, khawatir bablas nggak bangun pagi gara-gara dikira masi subuh :p. Sejujurnya sih saya nggak terlalu paham teknisnya juga, milih warna dan material aja hehe. 

Per meter Rp 140 ribu, iya, kemahalan ternyata kata Mama. Gak apa-apalah, namanya belajar *menghibur diri* dan saya nawarnya enggak di harga pas per meter. Pas keluar angka akhir, baru minta didiskon Rp850 ribu. Setelah perdebatan yang alot, dia mau. Itu padahal masih ada satu area jendela yang belum diapa-apain karena mau dipasang roll blind Onna. 

Yang harus diperhatikan saat membeli dan memilih gorden: Jadi di awal saya cuma nanya harga gorden per meter berapa, terus vitrase berapa, lalu dengan polosnya hitung panjang kali lebar jendela dan dikalikan harga. Wah, lumayan nih enggak mahal-mahal amat tapi bisa dipake lama, yeay!

Kemudian disadarkan betapa polosnya kami karena... Bok, nggak gitu kali ngitungnya! Jadi lebar kali jendela itu masih harus dikalikan tiga, mengingat gorden kan bergelombang ya, enggak lurus gitu doang HAHA. Terus selain itu ada biaya lain, yaitu batang roll dan smoke ring (yang nyantolin gorden). Smoke ring itu emang cuma seribu-dua ribuan rupiah sih tapi buat satu rumah yang enggak gede-gede amat aja butuh 350 buah. 


3. Meja makan
Awalnya mikir nggak butuh, tapi kemudian baru inget keluarga saya dan YBS kan bakal dateng buat syukuran. At least butuh meja buat naro tumpengan gitu sama piring-piring. Masa semuanya lesehan. Buru-buru lah nyari dan nemu harga meja makan bersahabat di Instagram, livienfurniture. 

Belinya model yang bisa dilipet-lipet gitu karena space juga terbatas hehehe. Jadi kalau lagi enggak ada orang rame sih dilipet aja jadi bentuk kotak. Oh iya meja makan ini ada juga di Ikea dengan model yang sama banget, tapi di IG ini harganya ampir setengahnya :p 

Setelah dipikir-pikir, perlu juga sih meja makan at least ada lah buat naro-naro apa gitu. Kursi makannya juga kan pasti bermanfaat ya daripada beli kursi satuan. Jadi kalau ada tamu yang agak serius nggak harus ngemper-ngemper banget. 

Yang harus diperhatikan saat beli meja makan: Intinya sesuaikan sama area sih. Sekarang kan banyak juga ya meja makan yang cuma buat berdua gitu bentuknya kotak, tapi saya pilih yang bisa dilipet jadi kalau lagi berdua doang di rumah ya kotak, tapi kalau lagi ada acara bisa dibikin panjang.

Dan, sekarang lucu-lucu juga sih meja makan yang bentuknya kayak meja bar gitu. Tapi balik lagi, karena space saya terbatas, pilihan pun jadi terbatas~


4.Taman
Enggak muluk-muluk punya taman berkontur dan diisi segala rupa, saya cuma pengen punya tanah berumput doang di area belakang rumah. Kemarin dari developer taman belakang cuma isi tanah dan tanahnya enggak bagus, jadi perlu ke tukang taneman sekalian isi tanah.

Sebulan lalu padahal nanya-nanya harga rumput ada Rp40ribuan per meter tapi weekend kemarin pas butuh malah dikasihnya Rp50 ribu, udah keliling daerah komplek ngasihnya sama segitu. Jadi yasudalah ya.
Btw so far survei tanaman sih yang paling bikin happy. Bukan karena sok-sokan cinta lingkungan tapi harganya nggak bikin bengong hahaha. Ini list harga tanaman buat di taman rumah yang saya dapet dari hasil survei kang kebon di Bintaro dan sekitarnya (tentunya belum ditawar!):
Lee kuan yew: Rp5000 per polybag.
Pohon kamboja tinggi 1,5 meter: Rp50 – 150 ribu.
Ketapang kencana tinggi 1 meter: Rp100 ribu
Dolar rambat: Rp5000
Monstera medium: Rp75 ribu
Penampakan tanaman-tanaman ini bisa dilihat di sini.

Yang harus diperhatikan saat pesen rumput:  Enggak bisa kasih banyak tips juga, tapi kalau ada tukang taneman deket rumah, mending ke tukang ketimbang beli online. Lumayan, suka ada bonus-bonus. Di Instagram memang terlihat menawan, tapi kalau buat yang basic-basic aja beli di kang kebon aja, kecuali emang ada satu jenis yang kamu udah naksir atau emang ya kalau mager banget gimana lagi --"

Lalu.... yang saya dapet dari beberapa survei itu ada tukang taneman yang menyertakan biaya tukang & transport, ada juga yang enggak! Lumayan kan, hemat Rp350 ribu. Cari yang enggak usah bayar tukang lagi hahaha. Dan, kalau tanah rumah kamu udah enggak subur dan mau nambah tanah, bakal lebih murah beli per satu mobil bak ketimbang per karung. Per karung itu sekitar Rp20-25 ribu, per mobil bak Rp350 ribu (lagi-lagi, mungkin bisa lebih murah kalau survei atau tawar-tawarannya lebih alot). 

Jangan lupa juga minta bonus ya, misal satu pohon Kamboja kecil atau sirih gading atau apa kek gitu. Karena harganya kecil-kecil gitu jadi biasanya boleh lah minta bonus-bonus. Kemarin saya pasang rumput minta bonus pohon Kamboja tinggi 1,5 meter. Nanti lagi mau beli lee kuan yew dll udah dijanjiin bakal dikasih banyak bonus lagi hehehe.


5. AC
AC udah lihat-lihat tapi kemudian bingung T_T Ada masukkan kah AC yang oke apa? Di deket rumah ada service center Daikin sih. Banyak yang ngerekomendasiin juga. Tapi ada yang mau kasih masukkan lain kah? Kalo diliat secara fisik sih ngecenginnya Samsung, tapi watt-nya kok gede banget ya? Dan harusnya buat AC bukan tampilan fisik doang kan ya yang harus diperhitungkan hahaha.

Baca-baca katanya AC inverter itu bagus buat area yang bakal sering pake AC (bukan yang sering di-on-off) karena dia bisa bikin ruangan dinginnya cepet, konsekuensinya watt tinggi di awal. Tapi katanya maintenance-nya susah. Makanya ada yang nyaranin pake yang standar aja juga cukup. Jadi masih galau. Kalau freon sih katanya usahakan yang udah R32 ya biar ramah lingkungan.

Sempet dikasih tahu teman dan buka forum, katanya daerah bintaro yang recommended ada National Electronic atau cari ke Glodok Electronic aja lebih murah. Terus pasangnya gimana ya? Duh yang ini penting tapi belum ada banyak pencerahan. Kalau ada yang punya kenalan kang AC murah dan bisa sekalian pasang nggak pake ribet boleh loh kabari~~


Yak, hasil nguli selongweekenan kemarin baru dapet itu (Kecuali AC yang deadlinenya weekend ini). Sama prentilan basic pas ke Ace Hardware dan Ikea (selang, gosokan, sapu, dll, yang belum dibeli bor sama tangga).

Daftar barang lain untuk tahap selanjutnya (nunggu gajian dulu) adalah:
1. Teralis
Ini sebenernya masih galau. Butuh nggak sih teralis? Pengennya sih enggak, gak suka jendela berteralis. Sayang banget pemandangannya nanti jadi garis-garis kek disensor. Tapi daripada parno ya mungkin itulah harga yang harus dibayar demi keamanan. *Apalah*
Nanya ke beberapa tukang, rata-rata start from Rp375 ribu per meter untuk yang simpel. Saya nyarinya juga yang simpel garis-garis aja gitu sih nggak perlu yang meliuk-liuk. Oh iya sama roll blind, belum nemu harga yang oke.
2.Kulkas
Penting nggak sih nih dibeli di awal? Penting sih ya buat naro-naro bahan masakan biar kebutuhan sehari-hari lebih irit (semoga bukan hanya teori, *pandangi apps GoFood*). Teman elektronik lainnya seperti mesin cuci kayaknya nanti aja. Londri kiloan dulu deh sementara~
3. Water Heater
Heu. Ini mungkin buat beberapa orang bukan prioritas. Tapi buat saya penting apalagi nanti perlu bangun lebih pagi buat ke kantor. Enggak ada lagi acara nunda mandi demi nunggu air di toren anget. HAHAHA. 

Tapi beli yang kayak gimana juga bingung. Katanya Ariston bagus? Mending yang pake gas apa listrik? Milihnya gimana sih, ada nggak water heater yang bisa sekaligus mencegah keriput *HALAH

Your help is greatly appreciated loh~ Bantu cerahkan aku T__T Cerahkan dengan ngasih link kuis berhadiah barang elektronik rumah tangga juga boleh WAHAHAHAHA.
4. Sofa
Ini butuh nggak butuh sih. Untuk awal-awal ngemper di karpet nggak masalah lah. Tapi sempet lihat-lihat beberapa tempat, kayaknya kalau buat sofa di Ikea lumayan lah ya worth it. Beberapa tempat furniture hype di Instagram jual sofa lucu-lucu sih tapi ada yang saya datengin kok pas duduk enggak plumpy gitu malah mbelesek (bahasa apa ini). Yang di ikea berasa per-nya enak dan nyaman malah ada two seater yang Rp2,5-4 jutaan udah enak banget. Tapi tetep, belum nemu yang sreg banget jadi masi bisa dioper lagi ke bulan selanjutnya.
5. Lemari baju
Duh ini butuh tapi belum nemu yang sreg. Kalau mau custom rata-rata harga lemari baju 1,75 – 2,5 juta per meter2. Jadi ukurannya bisa disesuaikan sama rumah kita. Tapi harga itu biasanya belum termasuk aksesori, misalnya cermin. Padahal pengen semua pintunya cermin. 

Terus entah kenapa kok lemari geser lebih mahal jauh ya ketimbang lemari yang pintunya dibuka biasa gitu? Kamarnya sempit soalnya, butuh lemari geser -___-
Kalau belum nemu yang sreg ya nggak apa-apa deh baju di gantungan dan koper dulu.

Tantangan kali ini tentu saja supaya enggak BM. Janganlah kamu ala-ala dulu, janganlah buka Pinterest atau search hashtag Instagram melulu #SELFNOTE

4 comments:

  1. Nelll mau info update AC dong, hahaha.. gw juga masi bingung beli AC. Banyak yang bilang jangan beli merk korea karena 1-2 taun doang umurnya abis itu sering ngadat. Banyak yg rekomenin S***P. Tapi tetep masih bingung. Btw, itu kasur dapet harga berapa nel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang rekomen merek S itu ya, kalau ke Electronic City juga ditawarinnya itu yang harganya (katanya) medium tapi bagus. Oh, made in juga garuh ya okay notedd! So far antara itu atau P*******C. Tapi kemudian milih tipenya aja bingung ahahaha. Kasur 5,6 Galuuuh, matras only. Kamu kapan pindahan?

      Delete
  2. Utk lemari, meja dll sering2 aja liat di facebook garage salenya para ekspatriat jkt,, mrk sering kepepet bwt jualian all furniture klo mw pindah negara.. Klo sy liat2, para ekspat seringkali punya lemari2 yg dr kayu beneran (bukan multiplex, partikel board) dan biasanya dijual sgt murah krn butuh cepet kejual 😊😊

    ReplyDelete
  3. Utk lemari, meja dll sering2 aja liat di facebook garage salenya para ekspatriat jkt,, mrk sering kepepet bwt jualian all furniture klo mw pindah negara.. Klo sy liat2, para ekspat seringkali punya lemari2 yg dr kayu beneran (bukan multiplex, partikel board) dan biasanya dijual sgt murah krn butuh cepet kejual 😊😊

    ReplyDelete